ROOM BERITA

BIMBINGAN TEKNIS PEMBUATAN PRODUK INOVATIF BERBASIS SUSTAINAIBLE AGRICULTURE & ZERO WASTE CILMATE CHANGE PIONEERS TIM MALAHENGO – DESA HUNTU UTARA  MSIB BACTH 6

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Pada hari rabu tanggal 15 Mei 2024, kantor Desa Huntu Utara menjadi lokasi sebuah acara bimbingan teknis yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dalam pertanian berkelanjutan dan penerapan prinsip zero waste yang diselenggaran oleh mahasiswa MSIB – tim Mahalahengo dari Bappeda Litbang Bone bolango, posisi Climate Change Pioneers. Acara ini berupa bimbingan teknis pembuatan produk inovatif yang menggabungkan konsep sustainable agriculture dan zero waste, dihadiri oleh ketua program MSIB se Indonesia, Koordinator MSIB bappeda, mentor tim malahengo, petani, perikanan, perternakan, ibu rumah tangga, dan perangkat desa huntu utara. 

Tujuan utama dari bimbingan teknis ini, untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada masyarakat Desa Huntu Utara dalam menciptakan produk pertanian dan pakan ternak yang inovatif dan ramah lingkungan dengan bahan utama maggot. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan, menerapkan prinsip zero waste dalam setiap aspek produksi pertanian, serta mendorong terciptanya produk-produk yang memiliki nilai tambah dan bisa bersaing di pasar dan usaha untuk Masyarakat desa Huntu Utara. 

Pelatihan ini dipraktek kan langsung oleh para mahasiwa MSIB dari bidang yang berfokus pada pertanian berkelanjutan dan zero waste. Langkah-langkah penerapan zero waste untuk memanfaatkan limbah organik sebagai makanan maggot yang di jadikan bahan utama pembuatan Pelet Maggot (peggo) pakan ternak. Dalam proses pembuatan pakan ini, di saksikan langsung oleh kepala program MSIB, koordinator MSIB dari Bappeda serta Masyarakat desa huntu utara. Tujuan dari pelatihan pembuatan pakan ini, supaya menjadi usaha yang berkelanjutan masyarakat. Lalu, dilanjutkan dengan Penjelasan mengenai teknik pembutan pupuk kasgot (Kotoran Maggot), Pupuk cair organik, Nutrisi tanaman, dan pestida organik pertanian yang bertujuan untuk mengurangi efek penggunaan pupuk kimia yang mengakibatkan adanya permasalahan perubahan iklim akibat penguapan dari pupuk kimia. Tujuan adanya pelatihan ini, supaya masyarakat sadar akan pentingnya penggunaan pupuk organik yang manfaatnya tidak hanya berpengaruh pada lingkungan, akan tetapi pada kesmmehatan pertumbuhan manusia. 

Dampak positif dari acara bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat melalui produk-produk pertanian yang bernilai tambah. Selain itu, penerapan konsep zero waste diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan menciptakan ekosistem yang lebih sehat di Desa Huntu Utara. Bimbingan teknis pembuatan produk inovatif berbasis sustainable agriculture dan zero waste di Desa Huntu Utara merupakan langkah nyata dalam mewujudkan pertanian dan perternakan  yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan semangat gotong royong dan inovasi, masyarakat Desa Huntu Utara dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam mengembangkan pertanian yang lebih maju dan berkelanjutan. Bimtek ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga memupuk rasa kebersamaan dan tanggung jawab untuk menjaga kelestarian  lingkungan dan pertanian. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.


Lolos Menjadi Mitra MSIB Batch 7: Bappeda Litbang Bone Bolango Kembali Raih Kepercayaan!

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 13 Mei 2024 - Di tengah ketatnya seleksi mitra Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch 7, Bappeda Litbang Bone Bolango kembali dipercaya menjadi salah satu mitra penyelenggara.

Pencapaian membanggakan ini diraih setelah melalui proses seleksi ketat yang berlangsung dari 18 Maret hingga 8 Mei 2024. Pada tanggal 12 Mei 2024, Bappeda Litbang Bone Bolango resmi diumumkan sebagai mitra MSIB Batch 7.

Keberhasilan ini patut diapresiasi, mengingat Bappeda Litbang Bone Bolango berhasil lolos melalui mekanisme penyesuaian (adjusment) tanpa melalui tahap seleksi interview. Hal ini merupakan bukti nyata dari program MSIB Bappeda Litbang Bone Bolango yang telah berjalan dengan sukses dan berkelanjutan di batch-batch sebelumnya.

Pada Batch 7 kali ini, Bappeda Litbang Bone Bolango membuka kuota bagi 200 peserta MSIB dengan 7 Posisi Aktivitas yang menjadi issu strategis daerah yaitu Zero New Stunting, Poverty Restoration (Restorasi Kemiskinan), Literasi Ekologi Dan Ekonomi Hijau, Regional Development Planning, Ecotourism, Smart City Innovators  dan Public Relation. Diharapkan program ini dapat memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman magang yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja.


Kunjungan Monev Tim MSIB Pusat ke Mitra BAPPEDA Litbang Bone Bolango: Meningkatkan Kolaborasi dan Efektivitas Program

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 16 Mei 2024 - Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) pusat yang dihadiri langsung oleh Pak Wachyu Hari Haji, MPM,. CHRA. selaku Kepala Program MSIB melakukan kunjungan kerja ke BAPPEDA Litbang Kabupaten Bone Bolango. Kunjungan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan memastikan kesesuaian antara rencana dan implementasi di lapangan.

Kedatangan tim Monev disambut hangat oleh Kepala BAPPEDA Litbang Bone Bolango, Roswaty Agus, S.Pt, beserta jajaran pejabat terkait. Dalam sambutannya, mengungkapkan pentingnya kunjungan ini sebagai upaya meningkatkan kualitas dan efektivitas program-program yang sedang berjalan. "Kunjungan tim Monev pusat ini sangat berarti bagi kami untuk memastikan bahwa semua program berjalan sesuai rencana dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat," ujarnya.

Selama kunjungan, tim Monev MSIB pusat melakukan peninjauan terhadap berbagai proyek dan program yang dikelola oleh BAPPEDA Litbang. Mereka juga melakukan diskusi mendalam dengan para Mahasiswa Magang terkait untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif mengenai kemajuan dan kendala yang dihadapi.

Tim MSIB mengunjungi Tim Malahengo di Desa Huntu Utara, Tim Panthera Tigris Tigris di Desa Huntu Selatan, Tim Koral Salvador Dali di Desa Huntu Utara, Tim Rhicodon Typus di Desa Huluduotamo. Setiap tim menunjukkan karya hebat mereka, memastikan program MSIB membawa dampak nyata bagi masyarakat.

Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah. Tim Monev MSIB pusat memberikan apresiasi terhadap upaya BAPPEDA Litbang dalam melibatkan generasi muda dan mendorong inovasi di tingkat lokal.

"Kami melihat adanya potensi besar dalam kolaborasi antara BAPPEDA Litbang Bone Bolango dan program MSIB. Dengan terus memperkuat kemitraan ini, kami berharap dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi mahasiswa untuk belajar dan berkontribusi," kata Kepala Program MSIB pusat, Wachyu Hari Haji, MPM,. CHRA.

Dengan kunjungan ini, diharapkan program-program yang dijalankan oleh BAPPEDA Litbang Bone Bolango dapat semakin efektif dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi masyarakat Kabupaten Bone Bolango.


BIMTEK Penyusunan Dokumen Renstra OPD Tahun 2025-2030: Langkah Strategis Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 25 April 2024 - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) untuk penyusunan dokumen Renstra (Rencana Strategis) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2025-2030. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai langkah strategis dalam mempersiapkan arah pembangunan daerah untuk periode mendatang.

Kegiatan BIMTEK ini diikuti oleh para kepala dan staf OPD dari berbagai sektor, serta melibatkan tenaga ahli perencanaan pembangunan. Materi yang disampaikan dalam BIMTEK mencakup metodologi penyusunan Renstra, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), identifikasi sasaran pembangunan, serta penentuan indikator kinerja yang relevan.

Kegiatan BIMTEK Penyusunan Dokumen Renstra OPD Tahun 2025-2030 ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang solid menuju pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Gorontalo. Dengan Renstra yang baik dan terarah, diharapkan setiap OPD dapat melaksanakan program-program pembangunan dengan lebih efektif dan efisien, sehingga mampu memberikan dampak positif yang nyata bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.


Musrenbang Bappeda Bone Bolango di Hotel Grand Q Gorontalo: Menggalang Partisipasi Masyarakat untuk Pembangunan Daerah

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 22 April 2024 - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Bone Bolango menjadi sorotan utama dalam upaya pemerintah daerah untuk melibatkan suara dari berbagai unsur terkait dalam proses perencanaan pembangunan. Acara tersebut digelar pada 22 April 2024 di Grand Q Hotel Gorontalo, dihadiri oleh berbagai stakeholder termasuk pemerintah, tokoh masyarakat, perwakilan lembaga swadaya masyarakat, dan pihak penting lainnya.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bone Bolango menjadi momentum bagi pemerintah daerah untuk mendengarkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam menyusun rencana kerja pembangunan. Dalam sambutannya, Bupati Bone Bolango, Dr. Merlan S. Uloli S.E, M.M. menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam merumuskan prioritas pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

Salah satu fokus utama dalam Musrenbang RKPD ini adalah pembahasan mengenai program-program prioritas yang akan dijalankan oleh pemerintah daerah dalam periode mendatang. Para peserta Musrenbang, yang terdiri dari perwakilan masyarakat dari berbagai lapisan dan sektor, secara aktif memberikan masukan dan usulan terkait dengan program-program yang dianggap penting untuk dikembangkan.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bone Bolango juga menjadi ajang untuk memperkuat koordinasi antarinstansi dan sektor dalam upaya meningkatkan efektivitas pembangunan. Keterlibatan berbagai pihak dalam proses perencanaan ini diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk mencapai tujuan pembangunan yang lebih berkelanjutan dan inklusif.

Selain itu, Musrenbang RKPD juga menjadi kesempatan bagi pemerintah daerah untuk menyampaikan progres dan capaian pembangunan yang telah dilakukan serta tantangan yang dihadapi dalam mewujudkan visi pembangunan daerah.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Bone Bolango ditutup dengan komitmen bersama untuk terus meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan serta implementasi program-program yang telah disepakati. Dengan demikian, diharapkan pembangunan di Kabupaten Bone Bolango dapat lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat, serta lebih berhasil dalam mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.


Rapat Kerja Nasional Program BANGGA KENCANA dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 25 April 2024 - Rapat Kerja Nasional Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (BANGGA KENCANA) serta percepatan penurunan stunting tahun 2024 digelar secara daring pada kamis, 25 April 2024 . Acara yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dari seluruh Indonesia ini bertujuan untuk mengevaluasi capaian serta merumuskan langkah-langkah strategis ke depan. Bappeda Litbang Bone Bolango turut hadir dan berpartisipasi secara daring.

Rapat kerja ini juga menjadi momentum untuk berbagi pengalaman dan best practices antara daerah-daerah yang telah berhasil menurunkan angka stunting dengan yang masih menghadapi tantangan. Sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi non-pemerintah, dan sektor swasta diharapkan dapat mempercepat upaya penurunan stunting di seluruh Indonesia.


Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 22 April 2024 - Semangat Kartini yang menginspirasi dan membara kembali dirasakan dalam upacara perayaan Hari Kartini di Kantor Bupati Bone Bolango pada Selasa, 22 April 2024. Acara ini menjadi momen yang bersejarah bagi warga Bone Bolango untuk mengenang serta mengapresiasi perjuangan dan dedikasi Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan.

Upacara dimulai dengan pawai yang diikuti oleh ribuan warga Bone Bolango, baik perempuan maupun laki-laki, yang mengenakan busana adat daerah. Pawai ini menjadi simbol kebersamaan dan kesatuan dalam menghargai peran serta kontribusi perempuan dalam membangun bangsa.

Setelah pawai, acara dilanjutkan dengan upacara resmi di halaman Kantor Bupati Bone Bolango. Bupati Bone Bolango menyampaikan sambutannya yang penuh semangat, menggarisbawahi pentingnya peran perempuan dalam pembangunan daerah serta komitmen pemerintah daerah untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan.

Puncak acara terjadi saat penyerahan penghargaan kepada perempuan-perempuan inspiratif di Bone Bolango yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sosial. Mereka dianggap sebagai teladan bagi generasi muda untuk terus berjuang dan berkarya, mengikuti jejak Kartini yang gigih dalam meniti jalan menuju kesetaraan gender.

Tidak hanya sebagai ajang perayaan semata, upacara Hari Kartini di Kantor Bupati Bone Bolango juga dimanfaatkan untuk meluncurkan program-program pemberdayaan perempuan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Program-program ini bertujuan untuk memberikan peluang yang sama bagi perempuan dalam mengakses pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Dengan demikian, upacara perayaan Hari Kartini di Kantor Bupati Bone Bolango tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang jasa Kartini, tetapi juga sebagai panggilan bagi seluruh masyarakat untuk terus mengawal dan mewujudkan cita-cita emansipasi dan kesetaraan yang telah diletakkan oleh beliau. Semangat Kartini tetap hidup dan menginspirasi, menuntun langkah kita menuju masa depan yang lebih cerah dan adil bagi semua.


Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2023 Kabupaten Bone Bolango: Evaluasi Kinerja Pemerintah Daerah

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bone Bolango, 19 April 2024 - Pada hari Jumat, 19 April 2024, Kantor DPRD Kabupaten Bone Bolango menjadi tempat diselenggarakannya Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kabupaten Bone Bolango Tahun 2023. Acara ini dihadiri oleh berbagai OPD dan Kepala Badan Pembangunan dan Perencanaan Daerah Kabupaten Bone Bolango, Roswaty Agus, S.Pt.


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango