ROOM BERITA

PENDAMPINGAN PENINJAUAN LAPANGAN BERSAMA DENGAN TIM KPK

PENDAMPINGAN PENINJAUAN LAPANGAN BERSAMA DENGAN TIM KPK

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Senin 15 mei 2023 Kepala Bidang PESIK Bappeda Litbang Kabupaten Bone Bolango melakukan survey lokasi pembangunan Jembatan Gantung berlokasi di Desa Bandungan Kecamatan Bulango Utara bersama Bapak Suntana. Suntana merupakan salah satu staf Toni Ruttimann, seorang warga negara Swiss yang menginisiasi proyek sosial pembangunan jembatan untuk daerah terpencil. Sejak 2012, Toni dan Suntana sudah menjalankan proyek sosialnya di beberapa daerah.

Dalam hal ini untuk Kabupaten Bone Bolango ada beberapa titik lokasi jembatan yang akan ditinjau langsung oleh Suntana yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir yang menerjang Kabupaten Bone Bolango beberapa waktu lalu yaitu Desa Bandungan dan Desa Ilohuuwa. Kegiatan ini sudah pernah dilakukan oleh Bapak Suntana di Tahun 2018 untuk pembangunan jembatan gantung di Desa Bunuo (Bulango Utara), Desa Molintugupo (Suwawa Selatan) dan Desa Mongiilo (Bulango Ulu).
Adapun untuk pelaksanaan kegiatan ini Suntana menyatakan kesediaannya membantu warga desa yang terdampak untuk membangun jembatan dengan beberapa syarat sederhana. Warga desa harus berkomitmen untuk membangun jembatannya secara swadaya dan bergotong royong. Suntana juga meminta warga
menyediakan material pendukung, seperti pasir, batu kerikil, dan semen. Syarat yang sama selalu ditawarkan ke masyarakat yang akan dibantu membuat jembatan. Komitmen dan keinginan yang kuat untuk berusaha secara mandiri menjadi modal penting dalam membangun jembatan. komitmen harus lebih dulu ada agar masyarakat sadar bahwa mereka harus berusaha secara mandiri jika menginginkan sebuah perubahan. Jika masyarakat sudah berkomitmen untuk bekerja secara mandiri. Sementara material utama, seperti pipa dan pelat besi sebagai alas jembatan serta kawat baja, disediakan oleh Bapak Suntana bersama Tim.
Pipa besi dan pelat baja merupakan sumbangan dari Tenaris, sebuah perusahaan di Argentina. Sedangkan kawat baja diperoleh dari pemberian perusahaan Cable Car di Swiss. Kedua perusahaan itu memberikan produknya secara cuma-cuma termasuk membiayai pengirimannya.
Selain itu juga harus memastikan pembangunan jembatan dari sisi teknis. Sungai yang akan dilalui jembatan tidak boleh terlalu lebar, juga tidak boleh terlalu pendek jarak antara kedua sisinya. Kestabilan arus sungai pun harus diperhatikan. Sungai yang terlalu sering mengalami banjir tentu akan mengganggu pengerjaan. Faktor lainnya adalah kestabilan permukaan di kedua sisi sungai yang akan dipasang tiang penyangga jembatan.


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango