ROOM BERITA

Bappeda Litbang Bone Bolango Menggelar Penyusunan Dokumen LHKS RPJPD

Bappeda Litbang Bone Bolango Menggelar Penyusunan Dokumen LHKS RPJPD

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Bone Bolango – Bappeda Litbang Bone Bolango menggelar Konsultasi publik I penyusunan dokumen KLHS RPJPD bertempat di Hotel Grand Q Gorontalo pada 19 Maret 2024. Kabupaten Bone Bolango, sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Gorontalo, kini tengah memasuki tahap penting dalam perencanaan pembangunan daerahnya. Salah satu langkah kunci yang sedang dilakukan adalah penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJPD).

KLHS merupakan instrumen strategis yang penting dalam merumuskan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan. Dengan adanya KLHS dalam RPJPD, diharapkan akan tercipta sinergi antara pembangunan dan pelestarian lingkungan hidup.

Proses penyusunan dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Bone Bolango melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, akademisi, LSM lingkungan, serta masyarakat luas. Keterlibatan semua pihak ini diharapkan dapat menghasilkan dokumen yang komprehensif dan representatif, serta mampu memperhitungkan berbagai aspek penting, seperti keberlanjutan ekonomi, perlindungan lingkungan, dan pemberdayaan masyarakat.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam penyusunan dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Bone Bolango mencakup identifikasi potensi dan tantangan lingkungan hidup di wilayah tersebut, analisis dampak pembangunan terhadap lingkungan, serta penyusunan strategi untuk mengurangi dampak negatif dan meningkatkan manfaat positif pembangunan bagi lingkungan dan masyarakat.

Diharapkan bahwa hasil dari penyusunan dokumen KLHS RPJPD ini akan menjadi pedoman yang kuat bagi pembangunan di Kabupaten Bone Bolango dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai bagian dari komitmen untuk pembangunan berkelanjutan, pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan diharapkan akan mengimplementasikan rekomendasi dan strategi yang tercantum dalam dokumen ini dengan sungguh-sungguh.

Penyusunan Dokumen KLHS RPJPD Kabupaten Bone Bolango merupakan langkah proaktif dalam menjaga keseimbangan antara pembangunan dan pelestarian lingkungan hidup. Melalui kolaborasi dan kesadaran bersama, diharapkan Kabupaten Bone Bolango dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menuju pembangunan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango