ROOM BERITA

DIKES BONEBOL SIAP BERKOMPETISI  MERAIH KATEGORI DAERAH INOVATIF

DIKES BONEBOL SIAP BERKOMPETISI MERAIH KATEGORI DAERAH INOVATIF

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Masih dalam rangka menyongsong ajang IGA atau Inovation Government Award tahun 2021 yang di selenggarakan oleh Kemendagri, seluruh OPD yang sudah memiliki inovasi terus di pacu untuk segera mendaftarkan inovasinya dalam ajang IGA 2021 termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango.

painy Nah, pada hari ini tim INOPA MULTIMEDIA menggelar podcast bersama Dinas Kesehatan dengan narasumber yang hadir adalah coordinator dari inovasi Dikes yakni drh.Anna Mardiyah. Adapun inovasi yang kami bahas dan menjadi salah satu inovasi yang di unggulkan dari sekian banyak inovasi dikes adalah “SALAM SEJATI” atau satukan langkah melayani kesehatan jiwa terintegrasi.

Inovasi ini di gagas berdasarkan permasalahan yang di kabupaten Bone Bolango terkait dengan ODGJ atau orang dalam gangguan jiwa yang cukup membludak di Bone Bolango. Seperti kita ketahui bersama, bahwa Rumah Sakit Jiwa di Gorontalo hanya satu dan hanya ada di kabupaten Bone Bolango. Sehingga, semua para ODGJ dari kabupaten kota di provinsi gorontalo hanya di rujuk pada Rumah Sakit tersebut. Nah, melihat kondisi ini muncullah sebuah ide inovasi untuk mengatasi problematika ini. SALAM SEJATI membuka ruang untuk mengajak para ODGJ ini untuk terlatih menjadi produktif dan mandiri. Tentunya, bersama 20 puskesmas dan kerjasama dengan lintas sektor Inovasi ini mulai berjalan baik sejak tahun 2019 sampai sekarang. Bahkan, awalnya inovasi ini sebagaimana di ungkapkan oleh dokter Anna, hanya memiliki modal nekat karena tanpa anggaran sama sekali. Tapi tekad yang kuat, akhirnya inovasi ini di lirik oleh pemda serta dinas sosial dan sudah memiliki anggaran.

Dokter Anna pun mengatakan bahwa, locus dari program ini ada pada kecamatan kabila, dan pada saat pertama kali menjalankan inovasi ini ada sekitar 61 ODGJ di Rumah Sakit Tombulilato dengan keadaan parah, namun setelah di rangkul dengan inovasi SALAM SEJATI, Alhamdulillah sudah sekitar 20 hingga 30 ODGJ mulai membaik dan lebih mandiri, sudah lebih bersih dari sebelumnya. Inilah yang menjadi tolak ukur bahwa Dokter Anna yakin, SALAM SEJATI bisa bersaing dalam ajang IGA 2021.


Jalan Prof. DR Ing. BJ. Habibie No. 1 Komp. Kantor Bupati Kecamatan Suwawa – 96184
Telp. (0435)-8591599, Fax: (0435)-8591599 E-mail: info@bappedalitbang.bonebolangokab.go.id
© 2021 Copyright - Bappeda Kabupaten Bone Bolango